Memahami Cara kerja Google Untuk Monetize Blog

Memahami cara kerja google menjadi sangat penting bagi yang ingin melakukan Monetize Blog. Teknik-teknik tentang SEO yang diterapkan diupayakan tidak bertentangan dengan cara kerja Google.

Bagaimana Google Bekerja?

Sebuah Search Engine mengunakan software otomatis untuk membaca, menganalisa, membandingkan dan mengurutkan halaman website. Artinya unsur-unsur visual sebuah website akan diabaikan oleh sebuah Search Engine. Unsur-unsur visual sebuah website biasanya terdiri dari warna, tata letak, animasi, flash, grafik dan visualisasi lainnya.

Bagaimana Google menampilkan ranking pencarian?

Ketika Anda mengetik kata “Pelatihan Online” maka kotak pencarian google akan menampilkan daftar website hasil pencarian Google sesuai dengan relevansi dengan kata atau phrase pencarian dan algoritma pencarian yang sedang diterapkan Google. Algoritma pencarian atau menampilkan hasil pencarian dari Google dapat berubah dari ke tahun ke tahun, bahkan dalam setahun bisa berubah puluhan hingga ratusan kali karena algoritma selalu diperbarui.

Algoritma Google terbaru saat ini diberi nama “Pinguin” yang diluncurkan tanggal 24 April 2012.

Website yang paling relevan dan paling penting akan ditampilkan dalam daftar secara descending (mulai dari paling relevan hingga tidak begitu relevan). Jika website anda tidak tampil pada top 30 itu karena trafik Google atau Search Engine sangat cepat berubah, atau hal ini disebabkan oleh jarangnya orang mencari halaman website tersebut.

Bagaimana Google mendata atau mengindeks sebuah website?

Untuk masuk dalam daftar indeks Database Google, maka Google akan mengunjungi website anda dengan menggunakan:

  • Robot
  • Spider

Kedua program ini akan membaca setiap halaman melalui halaman utama dan diikuti dengan memasuki setiap link ke semua halaman website anda.

Google tidak akan menambahkan halaman web anda ke dalam indeks databasenya kecuali jika ada minimal satu halaman web lain dalam indeks tersebut yang mempunyai link ke satu halaman lainnya.

Atur terlebih dahulu setiap link halaman web anda sebelum di masukkan ke Google.

Google mempunyai 2 tipe Crawl (penjelajah website), deep crawl dan fresh crawl.

Deep Crawl atau Main Crawl

Tipe ini mempunyai kebiasaan menjelajah setiap halaman website tiap mendekati akhir bulan.

Fresh Crawl

Tipe ini mempunyai kebiasaan menjelajah beberapa kali setiap minggu (setiap hari untuk beberapa website), tetapi pada halaman tertentu saja.

Semakin popular website anda, semakin sering Google mengunjungi website tersebut. Anda dapat menentukan kapan website anda terakhir dikunjungi oleh Google dengan melihat tanggal yang tampil pada baris paling bawah di listing hasil halaman pencarian Google.

Jika Anda melakukan monetize blog sangat penting untuk memahami cara kerja google.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *