Bagaimana Memilih Web Hosting Yang Baik

Memilih web hosting yang baik seperti kita hendak memilih kamar kontrakan untuk kita tinggal. Banyak hal harus kita pertimbangkan agar kita selalu menempati tempat tersebut merasa nyaman, aman dan dengan harga yang cocok.

Web hosting merupakan jasa penyedia tempat atau server untuk web, dimana pengguna bisa memilih tempat untuk webnya dengan spesifikasi yang berbeda-beda. Yang menjadi tolak ukur dalam penentuan web hosting yaitu kapasistas atau space hosting dan besarnya kapasitas lalu lintas data atau bandwith.

Beberapa hal dibawah ini dapat dijadikan patokan bagaimana memiih web hosting yang baik. Dengan mempertimbangkan beberapa hal dibawah ini diharapkan Anda dapat menentukan dimana membeli fasilitas web hosting sesuai dengan kebutuhan.

1. Customer Support
Website kita beroperasi 24 jam non stop. Dengan adanya customer support yang memberi layanan baik 7×24 maka kita akan merasa aman, sehingga jika ada masalah dengan hosting, kita bisa langsung berkonsultasi.

2. Fitur vs Harga
Sebelum memilih web hosting lakukan riset fitur-fitur apa saja yang ditawarkan dari penyedia web hosting. Harus dipertimbangkan antara harga dan fitur yang tersedia dengan fitur-fitur yang anda butuhkan.

3. Tentukan Space Hosting Sesuai Kebutuhan
Ketika menentukan space hosting pilihkan sesuai kebetuhan. Situs company profile membutuhkan space yang jauh lebih kecil dibandingkan situs berita yang sering diupdate.

4. Tentukan Target Pengunjung Web Anda
Menentukan target pengunjung sangat penting untuk memutuskan memilih lokasi server hosting di luar negeri atau dalam negeri. Jika target pengunjung di dalam negeri tentu lokasi server hosting harus didalam negeri supaya kecepatan website lebih dijamin. Sebagai pemilik website Anda harus jeli dalam menentukan target pengunjung ini.

5. Menyediakan Kontrol Panel Hosting
Web hosting menyediakan kontrol panel untuk memudahkan pengelolaan website kita. Dengan adanya kontrol panel kita dapat login ke pengaturan web hosting kita kapan saja. Kontrol panel tersebut paling tidak memiliki fasilitas sebagai-berikut:

  • Upload, edit dan menghapus file
  • Membuat, edit dan menghapus folder
  • Membuat, mengedit dan menghapus subdomain
  • Mengatur Email Acoount
  • Melihat statistik web

6. Ada Akses ke Traffic Log
Traffic log ini berfungsi untuk memcatat setiap pengunjung yang mendatatangi web Anda. Informasi yang teredia di traffic log antara lain search engine yang digunakan pengunjung, lokasi pengunjung, OS yang digunakan pengunjung, halaman web yang diakses, keyword yang digunakan dan perangkat keras yang digunakan pengunjung mengakses web ini. Adanya traffic log ini dapat digunakan untuk mengevaluasi performansi web Anda sesuai target dari pembuatan web.

7. Uptime Server
Uptime Server adalah kondisi dimana mesin server hosting beserta seluruh fungsinya berjalan sebagaimana mestinya. Web hosting yang baik tentu memiliki uptime mendekati 100 % dan memiliki fungsi monitor uptime server.

8. Backup
Dengan adanya layanan backup tentu kita tidak terlalu kawatir jika ada masalah dengan website kita. Walaupun untuk masalah backup juga dapat kita atasi dengan web script yang dapat melakukan backup otomatis diluar luar web kita baik ke email atau ke penyedia file hosting gratis maupun berbayar.

9. Memiliki Bangunan Fisik
Pengelola web hosting yang baik biasanya memiliki bangunan fisik , sehingga meyakinkan kita akan layanan jangka panjangnya dan komplain langsung jika ada masalah.

10. Memiliki Member Area
Member area akan memudahkan kita mengelola aministrasi web sehingga ini wajib harus ada.

11. Memberi Jaminan dan Profesional
Pilih web hosting yang memberi jaminan bahwa website kita tetap dapat diakses daam kondisi apapun (misalnya jika terjadi kebakaran atau bencana alam).

12. Memilih Paket Hosting Sesuai Kebetuhan
Tentu kita harus menyesuaikan paket hosting kita dengan kebutuhan website kita. Jika hanya untuk website yang berisi blog kita tentunya kita gunakan paket standard. Tentu akan berbeda jika kita akan membangun website eccomerse yang memiiki target pengunjung yang besar tentu sejak awal kita minimal memilih VPS Hosting.

Fitur tambahan yang juga sangat penting adalah

13. Tersedia Fasilitas Upgrade dan Downgrade Paket Hosting
Pada umumnya penyedia layanan hosting telah menyediakan fasilitas upgrade untuk peket hosting yang lebih tinggi , jarang yang memberi fasilitas downgrade. Fasilitas downgrade sangat penting jika anda merasa bahwa paket hosting yang anda pilih terlalu besar untuk web Anda.

14. Add On Domain
Dengan adanya fasilitas Add On Domain maka anda dapat menghost lebih dari satu domain di satu paket layanan web hosting. Fasilitas ini sangat penting jika Anda memiiki lebih dari satu domain.

Inilah beberapa hal penting yang harus Anda perhatikan untuk memutuskan bagaimana memilih web hosting yang baik.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *